Kopi Arabica Mandailing jadi Sorotan Utama Pada Specialty Coffee di Washington

Pada tanggal 24 April 2014, baru-baru ini diadakan pameran kopi di Amerika Serikat, yaitu Specialty Coffee Association of America (SCAA) ke-26 yang dilaksanakan di Washington Convention Center, Seattle, Amerika Serikat (AS).

Kopi Arabica Mandailing, Sumatra Utara
Kopi Arabica Mandailing dari Sumatra Utara, disebutkan oleh Erna Knutsen (sang pencetus pertama terminologi 'specialty coffee'), kepada ribuan peserta dan buyers pameran SCAA merupakan kopi favoritnya. Erna Knutsen adalah penerima “Life Achievement Award” dari SCAA pada malam pembukaan kemarin.

Atase Perdagangan Washington D.C., Ni Made Ayu Marthini menambahkan bahwa kopi Sumatra Mandailing ternyata menjadi sumber inspirasi bagi Erna Knutsen pada saat mencetuskan specialty coffee dan sudah sepantasnya specialty coffee Indonesia mendapat perhatian lebih di dunia perkopian internasional.

Pada pameran ini di Paviliun Remarkable Indonesia menghadirkan setidaknya 34 jenis specialty coffee dari 6 pulau, yaitu Sumatra, Jawa, Bali, Sulawesi, Flores, dan Papua.

"Specialty coffee Indonesia memiliki keunikan tersendiri. Misalnya, cara pemrosesan tradisional yang dikenal dengan nama wet hulling (giling basah) yang menjadikan warna biji kopi Indonesia kebiruan. Kemudian specialty coffee Indonesia juga kaya akan rasa. Masing-masing daerah memiliki karakteristik rasa, seperti rasa buah-buahan, coklat, tembakau, dan rasa keasamannya juga beragam seperti rasa wine dan butter," jelas Syafrudin, perwakilan Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) yang turut hadir pada pameran ini.

Specialty coffee Indonesia memiliki variasi yang paling banyak di dunia dengan kualitas yang tinggi. Indonesia sendiri memiliki enam variasi bibit specialty coffee.

Selain para produsen dan petani kopi, hadir juga Mira Yudhawati, barista Indonesia yang juga merupakan certified Q Grader dan juri resmi dari World Barista Championship (WBC). Kesuksesan Mira menunjukkan bahwa profesi terkait kopi seperti barista cukup menjanjikan.
Indonesia memiliki specialty coffee yang berkualitas dan beragam, namun pengetahuan para petani mengenai kopi harus lebih ditingkatkan supaya mereka dapat mengoptimalkan kualitas kopi dan meningkatkan nilainya.


Sumber

3 comments:

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete
  2. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    ReplyDelete

 

Blog stat

Contact

About us | Contact me |
 | ... | ... | ... | ... | ... |