Durian Sukun

Durian Sukun, salah satu tanaman buah varietas Durio zibetinus yang populer dari sekian banyak jenis durian, khususnya Durio Zibetinus. Bagi penyuka durian, biasanya mengenal buah Durian Sukun ini.

Durian Sukun termasuk durian yang memiliki daging yang tebal, karena biasanya biji tidak berkembang dengan sempurna alias ukuran biji cenderung kecil. Rasa buahnya yang manis dengan aroma yang tajam, dan memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Buah Durian Sukun berwarna kuning dan sangat menarik.

Sayangnya Durian Sukun tidak tersedia dalam jumlah banyak di pasaran, berbeda dengan durian jenis lain yang bisa berlimpah. Produksi Buah Sukun masih rendah disebabkan kurangnya usaha pembudidayaan tepat. Lambatnya pertumbuhan tanaman durian dan kurangnya regenerasi atau pembibitan yang baru menyebabkan tanaman durian yang ada hanya sebagai warisan yang turun-temurun.
Saat ini kabarnya telah ada pengembangan Durian Sukun tanpa biji, yang dikembangkan oleh Fakultas Pertanian UNS, yang tentunya akan menjadi salah durian unggul di Indonesia.

Perbanyakan saat ini belum banyak dilakukan karena masih mengandalkan okulasi. Durian Sukun memiliki biji yang tidak berkembang sempurna (kempes) menjadikan bibit tanaman Durian Sukun dihasilkan dari proses okulasi dengan batang atas Durian Sukun, sedangkan batang bawah menggunakan jenis durian lain yang memiliki perakaran dan sifat batang yang baik dan unggul.

Durian Sukun
(source: suaramerdeka.com)

Klasifikasi:
Kingdom:
Order:
Family:
Genus:
Species:


Plantae
Malvales
Malvaceae
Durio
Durio zibetinus
var. Durian Sukun

Durian Sukun, tumbuh di Jawa Tengah, khususnya di desa Gempolan, Karang Anyar. Buah lanset atau bulat panjang dan berwarna kekuningan. Duri pada kulit buah berbentuk kerucut, kecil, dan rapat. Sifat buah mudah dibelah. Berat buah 1,5-2,5 kg per buah. Kulit buah agak tebal, sekitar 10 mm. Pada setiap buah terdapat lima juring dengan 5-15 pogge. Bentuk biji sempurna ada satu butir, terkadang tidak ada, sedangkan yang lainnya kempes. Daging buah sangat tebal, kering berlemak, tekstur halus, putih kekuningan, beraroma harum dan manis. Pada pohon yang sudah tua berumur 100 tahun produksi buah bisa mencapai 100-300 buah per tahun. Varietas ini memiliki daya tahan yang baik terhadap penyakit busuk akar dan hama penggerek buah.

Gallery

1 comment:

  1. Ayo dengan modal kecil bisa menang banyak lo gays?
    Dengan modal Rp20.000,
    Anda bisa menang "Puluhan Juta" !!!
    Hanya di Sinidomino. xyz
    Untuk info lebih lanjut, Hubungi :
    -Pin BBM : D61E3506 (24 jam Online )

    poker online

    ReplyDelete

 

Blog stat

Contact

About us | Contact me |
 | ... | ... | ... | ... | ... |