Alocasia cucullata

Alocasia cucullata, adalah spesies tanaman daun lebar yang memiliki bunga dari keluarga Araceae. Tanaman ini dikenal dengan nama Chinese taro, Chinese ape, Buddha's hand dan "hooded dwarf elephant ear" (kuping gajah kerdil berkerudung).

Alocasia cucullata, pada saat ini telah dikategorikan sebagai tanaman hias, karena memiliki bentuk yang eksotis. Tanaman Alocasia cucullata tumbuh di beberapa bagian Asia, seperti di China, India, Sri Lanka dan Burma.

Alocasia cucullata

source: asia.ru

Klasifikasi:
Kingdom:
(unranked):
(unranked):
Order:
Family:
Subfamily:
Tribe:
Genus:
Species:

Synonym:
Plantae
Angiosperms
Monocots
Alismatales
Araceae
Aroideae
Colocasieae
Alocasia, (Schott) G.Don
Alocasia cucullata (Lour.) Schott

- Arum cucullatum
- Alocasia rugosa
- Caladium cucullatum
- Caladium rugosum
- Colocasia cochleata
- Colocasia cucullata
- Colocasia rugosa
- Panzhuyuia omeiensis


Tanaman ini memiliki batang yang tebal sekitar 6 cm dan tegak bisa mencapai 80 cm dari permukaan tanah. Kisaran daun memiliki lebar sekitar 30 cm dengan panjang bisa mencapai 40 cm di habitat aslinya.
Daun berwarna hijau tua (sekilas tampak seperti plastik) memiliki 4 pembuluh utama dari pusat daun hingga ke tepi daun di setiap sisi.

Alocasia cucullata jarang memunculkan bunga. Tapi ketika bunga berkembang, bunga kadang soliter dan kadang berpasangan. Muncul pada pangkal 20 sampai 30 cm panjang dengan bungkus berwarna hijau. Batang bunga berwarna kekuningan atau hijau-kebiruan hingga sepanjang 14 cm. Apabila berbuah tanaman ini menghasilkan buah merah dengan lebar sekitar 6 sampai 8 mm.

Tanaman ini mudah tumbuh mereproduksi vegetatif ketika potongan batang atau akar memasuki tanah.
Penyakit yang sering menyerang Alocasia cucullata adlaah penyakit bercak daun yang disebabkan oleh bakteri Pantoea agglomerans.

Di China sejak lama, telah digunakan dalam pengobatan tradisional China. Penerapan digunakan untuk mengobati gigitan ular, abses, rematik dan arthritis. Dalam keadaan tidak disengaja, getah tanaman ini juga beracun karena adanya calcium oxalate crystals (kristal kalsium oksalat).
Selain itu Alocasia cucullata, di Laos dan Thailand, kerap dianggap sebagai pembawa keberuntungan, sehingga disimpan di dalam kuil Buddha.

Related

No comments:

Post a Comment

 

Blog stat

Contact

About us | Contact me |
 | ... | ... | ... | ... | ... |